Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, June 24, 2019

KELESTARIAN ATAU KEEGOISAN ?


Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.
Ekosistem dalam lingkungan merupakan hal penting dalam proses kehidupan, baik itu bagi hewan dan tumbuhan maupun bagi manusia. Menjaga lingkungan hidup, sama saja dengan menjaga keberlangsungan seluruh makhuk hidup. Karena jika ekosistem dari hewan ataupun tumbuhan rusak dan semakin berkurang, maka akan membuat mereka tidak memiliki tempat tinggal dan semakin lama akan membuat populasinya berkurang bahkan bisa mencapai kondisi terancam kepunahan. Hal ini tentunya akan sangat berdampak dalam kelangsungan hidup manusia. Salah satunya adalah manusia bisa kehilangan sumber makanannya yang berasal dari tumbuhan atapun hewan.
Manusia sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup, termasuk sebagai penyumbang terbesar dalam terjadinya kerusakan lingkungan hidup. Contohnya seperti penggundulan hutan. Penggundulan hutan tentunya akan membuat tempat tinggal dari hewan ataupun tumbuhan semakin terkikis. Bahkan jika penggundulan hutan tersebut dilakukan dengan cara membakar hutan, hewan yang hidup di dalamnya bisa mati jika terkena dampak dari kebakaran tersebut. Selain itu, kebakaran hutan juga akan membuat semakin tingginya polusi udara. Hutan yang semakin sedikit pun juga akan mengakibatkan pemanasan global, karena salah satunya fungsi hutan yaitu mengurangi jumlah karbondioksida yang tersebar. Dampak-dampak yang ditimbulkan ini semakin lama bisa membuat bumi menjadi tempat yang tidak baik untuk ditinggali lagi.
Manusia melakukan hal-hal seperti ini hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi tanpa memperhatikan lingkungan sekitar yang berdampak bisa sangat buruk bagi keberlangsungan seluruh makhluk hidup. Oleh karena itu kita harus menjadi manusia yang bijak dalam menggunakan sumber-sumber daya alam yang tersedia, yaitu dengan melihat apa dampak yang akan ditimbulkan bagi seluruh aspek dan bagaimana cara terbaik agar tidak menimbulkan kerusakan lingkungan hidup. Jadi, kelestarian lingkungan hidup atau keegoisan semata?

-Bagus Fajriansyah-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini