Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Thursday, June 20, 2019

GLESTER HIMALAYA HILANG, BERDAMPAK PADA KELANGSUNGAN HIDUP


Perubahan iklim yang drastis merupakan salah satu masalah yang sangat mengkhawatirkan dalam kehidupan manusia. Bukan hanya bedampak pada kelangsungan hidup manusia saja, akan tetapi juga berdampak pada kehidupan mahluk hidup lainnya. Fenomena perubahan iklim yang sulit diprediksi ini menyebabkan suhu panas bumi mengalami peningkatan, sehingga banyaknya glester-glester pada pegunungan himalaya yang mencair. Hal tersebut sesuai dengan temuan yang dilaporkan Hindu Kush Himalaya Assesment melalui International Center For Integrated Mountain Development ( ICIMOD ) yang mana diperkirakan glester-glester himalaya akan hilang sekitar sepertiga pada akhir abad ini, akibat perubahan iklim.

Mencairnya sepertiga glester tersebut akan mengancam persediaan airbagi 1.0 miliar manusia bumi. Selain itu dampak dari mencairnya gunung tertinggi di dunia ini sangat beragam, salah satunya banjir karena cukup banyak glesteryang terhuung dengan sistem sungai sungai besar di Asia. Lalu, terjadinya peningkatan polusi udara akibat meningkatnya karbon hitam dan debu yang tersimpan di glester  sebelum mencair. Menurut studi,  sepertiga glester himalaya, tetap akan mencair dan hilang meski target pembatasan pemanasan global yang digagas di Paris sebesar 1.5 derajat celcius tercapai. Selain itu, bila suhu global meningkat sebesar 2 derajat celcius, jumlah glester di himalaya yang akan mencair menjadi 2/3 dari keseluruhan titik. Seperti diketahui, perjanjian Paris 2015 merupakan kesepakatan negara-negara di dunia untuk mencegah agar suhu global tidak meningkat lebuh dari 2 derajat celcius. Bila memungkinkan, peningkatan suhu global perlu dicegah agar tidak melebihi 1.5 derajat celcius.

Maka dari itu, diharapkan manusia sebagai salah satu mahluk hidup yang  mempunyai peranan paling penting dalam mejaga ekosistem yang ada dan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan alam, salah satu contohnya Menjaga Keutuhan dan keseimbangan Gletser Himalaya. Sehingga kelestarian dan keasrian alam tetap utuh dan terjaga.

-Adzrah Rabihah-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini