Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Friday, May 17, 2019

Organisasi Membangun Intelektual Dan Moral Mahasiswa



Mahasiswa adalah kaum intelektual. Ia adalah kaum terdidik. Tapi dalam pengertian intelektual yang sebenarnya, tidak banyak mahasiswa intelektual. Setidaknya, hal ini bisa dibuktikan dengan potret mahasiswa saat ini. Bagaimana mahasiswa bisa dikatakan kaum intelektual sejati jika ia hanya mementingkan fashion dalam kehidupannya? Kegiatan sehari-hari hanyalah pacaran, main-main, hura-hura, dan malas-malasan atau hanya mengejar akademis, tetapi tidak mementingkan kegiatan yang bersifat non-akademis nya.

Sangat penting untuk menjadi mahasiswa berintelektual dan bermoral tinggi, karena mahasiswa merupakan agent of change, yang mana harus bisa terjun langsung dalam masyarakat. Maka dari itu, menurut saya, mahasiswa jangan hanya mengandalkan ruang kuliah, tetapi ia juga harus mencari ilmu lewat berbagai cara seperti berorganisasi internal kampus ataupun eksternal kampus. Karena seorang mahasiswa dicetak untuk menjadi sarjana yang mempunyai kemampuan tinggi dalam bidang apapun baik akademis atau non akademis, seperti kemampuan dalam berorganisasi, intelektual, dan profesional. Memperoleh nilai moral yang tinggi juga merupakan suatu keharusan untuk menjadi mahasiswa. Karena generasi yang bisa membangun bangsa menjadi yang lebih baik dimulai dari memiliki moral yang sehat, serta yang bisa berbaur dengan masyarakat.

Dengan bergabung aktif dalam organisasi kemahasiswaan yang bersifat intra maupun ekstra kampus akan berefek kepada perubahan yang signifikan terhadap wawasan, cara berfikir, pengetahuan, dan ilmu-ilmu sosialisasi , kepemimpinan serta manajemen kepemimpinan yang notabene nya tidak diajarkan dalam kurikulum normative Perguruan Tinggi. Dan di dalam organisasi juga mengajarkan kita untuk menjadi mahasiswa yang aktif, kreatif dan bisa berkomunikasi dengan siapa saja, kita dapat belajar dengan siapa saja dalam organisasi termasuk dengan orang yang baru saja kita kenal.

Seperti itulah mengapa berorganisasi di sebut-sebut menjadi salah satu wadah dalam dunia pendidikan untuk menjadikan mahasiswa yang berintelektual dan bermoral tinggi.

-Eva Mardiyanti-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini