Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, May 21, 2019

Membentang Luas Lampau Batas, Pendidikan Indonesiaku


Mencerdaskan Kehidupan Bangsa menjadi salah satu tujuan negara Indonesia yang tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Terlihat jelas bagaimana para pendiri negara memberikan perhatian yang luar biasa terhadap pendidikan di Indonesia. Pendidikan menjadi jalan lahirnya generasi-generasi penerus bangsa yang mampu membangun, bersaing atau paling tidak mengikuti perkembangan zaman. Kualitas sumber daya manusia dan moral suatu bangsa sangat tercermin dari kondisi pendidikannya. Lalu bagaimana dengan pendidikan di indonesia?

Senyap-senyap terdengar jeritan anak bangsa yang bersemangat menuntut ilmu di ujung atau pelosok negara ini karena kualitas pendidikan belum mereka rasakan. Masyarakat perkotaan dengan penghasilan yang tinggi sangat terlayani, mudah sekali. Lalu mereka? Menyebrang sungai, menapaki puluhan kilometer dengan berjalan kaki, seragam usang bak termakan usia, menjadi hal yang biasa diperjuangkan untuk bisa merasakan manisnya pendidikan dan menjadi orang yang terdidik. Indonesiaku, membaiklah.

Senyap-senyap terdengar jeritan para pendidik yang mendapatkan perlakuan kurang baik dari anak didiknya. Nyatanya, kemudahan mendapatkan pendidikan juga mudah ditutupi hanya dengan gengsi, sehingga melakukan tindakan yang mengesampingkan moral. Seorang guru yang mendapatkan aksi kekerasan dari beberapa muridnya karena memberikan teguran menjadi hal yang lumrah dan mudah sekali ditemui saat ini. Kualitas pendidikan memang sudah seharusnya mendapat perhatian lebih untuk membangun moral bangsa. Indonesiaku, membaiklah.

Wahai generasi muda yang resah dan mengerti akan kondisi pendidikan di Indonesia saat ini. Sudah saatnya bergerak bersama memberikan kontribusi nyata untuk membangun bangsa melalui pendidikan. Menepis, menolak, melenyapkan segala kurangnya pendidikan di Indonesia dengan berbagi ilmu, menjadi pendidik, dan mencontohkan perilaku moral yang baik untuk lingkungan. Jika diam, bukan pemuda namanya. Bersama peduli, berbagi, dan juga menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Siap membangun indonesiaku.


-Retno Dwi S-

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini