Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, November 19, 2018

Press Release PKKMB Akuntansi 2018

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Akuntansi
Departemen Kaderisasi
BEM Prodi Akuntansi FE UNJ 2018

Pembekalan PKKMB Akuntansi, Jumat, 17 Agustus 2018
Pelaksanaan pembekalan PKKMB Akuntansi 2018 dimulai dengan pengondisian peserta pukul 13:15 WIB dibelakang Gedung Hasjim Asj’arie. Kemudian peserta dimobilisasi menuju aula di lantai 3 Gedung Hasjim Asj’arie.
Acara diawali dengan pembukaan oleh MC, yaitu Muhammad Naufal S. dan Rinaldi Abdillah pada pukul 14:02 WIB. Dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan saritilawah oleh Mustofa Hadi dan Vivi Nursyamsyiyah, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya & Totalitas Perjuangan yang dipimpin oleh Salwaa Ghaaziyah. Kemudian, sambutan dari Ahmad Panji Bhaskoro (ketua pelaksana PKKMB Akuntansi), Muhamad Mudrick Widodo (ketua BEM Prodi Akuntansi 2018), dan Muhammad Yusuf, S.E, M.M (dosen Akuntansi FE UNJ). Dilanjutkan dengan  sosialisasi yel-yel PKKMB Akuntansi oleh Choirul Anan dan Uhti Aisyah. Para mahasiswa/i baru bersemangat untuk meniru gerakan yang dicontohkan. Kemudian, pembacaan tata tertib oleh Muhammad Farhan Fadillah Selaku Koor KDSP.
Pukul 14:38 WIB dilakukan pemilihan Kapten Akuntansi 2018. Pemilihannya dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama dimoderatori oleh Muhammad Satrio W. dan Dewi Wulandari. Di sesi ini terdapat 15 kandidat calon kapten. Satu-persatu memaparkan pengalaman organisasi serta alasan mengapa mencalonkan diri sebagai kapten Akuntansi 2018. Tahap selanjutnya yaitu voting oleh peserta dan panitia hingga mendapatkan 4 kandidat terbaik.
Dilanjutkan dengan sosialisasi penugasan oleh Nia Damayanti selaku perwakilan Sie. Acara. Setelah itu, Sie. KDSP melakukan pengondisian terhadap mahasiswa/i baru untuk melaksanakan shalat Ashar di dalam Aula. Setelah selesai shalat Ashar, dilanjutkan dengan pengumuman dari Sie. Kestari terkait peserta yang belum mengisi absensi, maupun yang belum lengkap absensinya.
Pukul 15:54 WIB, sesi 2 pemilihan calon Kapten Akuntansi dilanjutkan. 4 kandidat, diminta menceritakan pengalaman yang dapat menginspirasi selama 2 menit. Panelis (Ka Umma Saidah, Ka Yulyani Yogi dan Pak Yusuf) memberikan pertanyaan kepada 4 kandidat tersebut. Setelah dilakukan voting, akhirnya Muhammad Azka Abdurrahman terpilih menjadi Kapten Akuntansi 2018.
Agenda terakhir yaitu pembacaan doa penutup oleh Rifky Apriansyah. Dilanjutkan dengan penutupan oleh MC. Setelah itu, pengondisian pulang oleh Sie. KDSP. Acara selesai pukul 16:44 WIB.

Pas PKKMB Akuntansi, Rabu, 05 September 2018
Hari yang dinanti pun tiba setelah dilakukannya banyak perencanaan dan konsep dari semua Sie. agar acara ini berjalan dengan lancar. Pagi itu pukul 06:00 WIB Sie. KDSP mengondisikan mahasiswa/i baru di belakang Gedung Hasjim Asj’arie berdasarkan kelas yang telah ditentukan. Selanjutnya, mahasiswa/i baru diarahkan untuk absensi, melaksanakan shalat duha dan pembagian kelompok FGD. FGD dilaksanakan di belakang Gedung Hasjim Asj’arie.
Pukul 06:51 WIB mahasiswa/i baru dimobilisasi menuju lantai 3 ke Gedung Hasjim Asj’arie. Peserta masuk disambut dengan Gema Mahasiswa. Setelah duduk rapih di aula, ada pemutaran video pengenalan kampus selama 8 menit. Lalu, Choirul Anan dan Dewi Wulandari sebagai MC membuka acara pada pukul 07.53 WIB dan dilanjutkan dengan Tilawah dan Saritilawah oleh Rifky Apriansyah dan Anisa Widyastuti serta menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Salwaa Ghaaziyah. Muhammad Azka A. selaku Kapten Akuntansi 2018 memimpin teman-teman lainnya untuk yel-yel dan jargon agar peserta semakin bersemangat. Lalu, kapten menjelaskan filosofi foto angkatan yang sudah mahasiswa/i baru Akuntansi 2018 konsepkan dengan lambang, didepan panitia dan dosen yang hadir.
Pukul 08.15 WIB, Dr. M. Yasser Arafat, S.E., Akt., M.M. memberikan pengantar terkait prodi Akuntansi. Lalu, dilanjut dengan kapita Selekta Koordinator Prodi serta dosen-dosen Akuntansi dan dihadiri oleh 11 dosen, yaitu Ibu Dr. Etty Gurendrawati, S.E., M.Si, Ak, Ibu Dr. IGKA Ulupui,S.E., M.Si., Ak., CA, Bapak Muhammad Yusuf, S.E., M.M., Bapak Indra Pahala, S.E., M.Si., Bapak Adam Zakaria, S.E., Akt., M.Si, Ph.D., Ibu Tri Hesti Utaminingtyas, S.E., M.SA., Ibu Yunika Murdayanti, S.E., M.Si., Ph.D., Ibu Diah Armeliza, S.E., M.Ak., Ibu Nur Amalia Hasanah, S.E., M.Ak., Ibu Marsellisa Nindito SE, Akt, M.Sc., Ibu Ratna Anggraini ZR, S.E., Akt., M.Si., CA., serta 1 staf jurusan yaitu Ibu Vita.
Setelah itu, Sie. KDSP melakukan pengondisian peserta menuju ruang kelas masing-masing yang berada di lantai 2, selanjutnya ada penyampaian materi oleh dosen di setiap kelas. Terdapat 4 kelas, S1 2 kelas dan D3 2 kelas. Mulai pukul 09:20 WIB, materi 1 (Informasi Akademik dan Kegiatan Akademik), 10:20 WIB lanjutan materi 1 (Simulasi SIAKAD), 11:20 WIB materi 2 (Pengenalan Budaya dan Etika Karakteristik). Sesi materi ditunda, untuk melaksanakan Ishoma + FGD. Shalat dilaksanakan di aula lantai 3 dan FGD di lantai 2 & 3. Tepat pukul 13:00 WIB Sie. KDSP kembali mengondisikan peserta untuk masuk ke ruang kelas dan melanjutkan sesi materi 3 (Sukses Belajar di Perguruan Tinggi).
Pukul 14:10 WIB sesi materi selesai. Peserta dikondisikan oleh Sie. KDSP untuk menuju aula dilantai 3. Kemudian, acara dilanjutkan dengan Talkshow Alumni dengan pembicara Kak Umma Sa’idah dan Kak Hestianna, yang dimoderatori oleh Lysa Nur Awalianti. Kemudian, perwakilan dari Departemen Edukasi BEMP Akuntansi 2018 mensosialisasikan TRANSAKSI. Lalu, dilanjut dengan sosialisasi Gebyar Akuntansi (hajat terbesar prodi Akuntansi berupa perlombaan dan seminar). Diharapkan dengan adanya sosialisasi GA banyak mahasiswa/i baru Akuntansi yang bersemangat untuk mengikuti setiap rangkaian kegiatannya.
Pukul 15:09 WIB Sie. KDSP kembali ambil peran untuk mengondisikan peserta untuk melaksanakan shalat ashar. Pelaksanaan shalat di aula lantai 3. Kemudian, peserta diarahkan untuk duduk rapih lagi. Acara dilanjutkan dengan pemutaran video kapita selekta panitia PKKMB Akuntansi 2018. Selama pemutaran video, semua anggota BEMP Akuntansi 2018 bersiap-siap untuk masuk dan melaksanakan kapita selekta. Tepat pukul 16:03 WIB kapita selekta BEMP Akuntansi 2018 dimulai. Masing-masing Departemen/Biro menjelaskan secara singkat proker dan anggotanya. Pukul 16:37 WIB agenda dilanjutkan dengan sosialisasi Rumah Akuntansi Juara (RAJA) oleh pengurus RAJA. Dimana RAJA adalah wadah mahasiswa/i akuntansi untuk berprestasi baik dalam bidang Debat, Kepenulisan, dan Olimpiade Akuntansi. Diharapkan dengan adanya sosialisasi RAJA mahasiswa/i Akuntansi dapat bersemangat untuk berprestasi.
Pukul 16.41 WIB TIPE membagikan angket yang diisi oleh peserta dan dikumpulkan lagi. Selanjutnya, pembacaan doa penutup dan penutupan acara oleh MC. Sie. KDSP melakukan pengondisian pulang pada mahasiswa/i baru. Dan anggota BEMP Akuntansi 2018 berdiri disepanjang tangga dari lantai 3 sampai lantai 1 yang dilalui mahasiswa/i baru sambil menyanyikan lagu Sayonara.

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini