Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, October 29, 2018

Peran Aktif Pemuda 'Jaman Now' Untuk Mengisi Peringatan Hari Sumpah Pemuda


Pemuda, dengan segala lika-liku kepribadian dan tujuan hidupnya, tidak salah lagi merupakan penerus napas bangsa ini, pihak yang akan kemudian melanjutkan para orang tua dan leluhur mereka untuk merawat bangsa ini, memastikan Negeri Pertiwi ini tidak terbawa arus globalisasi yang buruk, dan meneruskan mimpi para pendahulu proklamator kemerdekaan Indonesia.
Pada dasarnya, menjadi pemuda yang menjiwai isi sumpah pemuda tidak perlu benar benar menunjukkan jiwa nasionalisme-nya hanya pada saat Hari Sumpah Pemuda saja. Seharusnya setiap hari kita bisa menunjukkan jiwa nasionalisme kita. Namun, kemudian akan muncul pertanyaan 'memangnya apa yang bisa dilakukan oleh pemuda untuk menunjukkan jiwa nasionalismenya?' Jawabannya adalah banyak. Mungkin kita akan berpikir dan berusaha membandingkan, apabila kita menilik tindakan yang diambil para pemuda sebelum Sumpah Pemuda dikumandangkan pertama kali, jawabannya jelas: berjuang dengan masuk militer, ikut berperang dengan rakyat yang lain untuk kemerdekaan Indonesia, berusaha dalam bidang diplomasi untuk membuat perjanjian dan kesepakatan yang menguntungkan untuk Indonesia, dan sebagainya. Tetapi, waktu itu kita tinggal di tanah yang belum merdeka, sehingga tujuan para pemuda dengan jiwa nasionalisme akan sangat jelas: Untuk memperoleh kemerdekaan. Sekarang saat indonesia sudah merdeka (setidaknya secara de jure) apa yang bisa kemudian kita lakukan? Jawabannya masih sama: masih banyak.
Mari kita ambil contoh pada 2 acara besar yang sudah dilaksanakan di Indonesia belum lama ini, yaitu Asian Games dan juga Asian Para Games 2018. Kita dapat melihat disana munculnya para idola baru, sebut saja Jonathan Christie dengan gaya 'buka baju' nya, si spiderwoman Aries Susanti Rahayu, dan atlet silat dari UNJ Wewey Wita yang mendadak terkenal di kalangan anak UNJ. Dan seluruh peserta Para Games yang merupakan inspirasi dengan segala kekurangannya tetap berkontribusi positif dan aktif untuk negeri ini. Para atlet Asian Games dan Para Games itu membuktikan sesuatu yang bisa kita contoh: melakukan sesuatu yang merupakan hobi kita bisa menjadi jalan kita untuk mengharumkan bangsa ini. Para atlet Para Games juga membuktikan pada kita bahwa bentuk tubuh apapun yang kita terima dari Yang Maha Kuasa, kita tidak boleh menyerah dengan kondisi itu dan terus menerus menguji batas diri kita untuk berguna bagi bangsa ini. Para atlet tersebut bukanlah pejuang yang bisa memegang senjata untuk membela negaranya, bukan juga yang jago bernegoisasi, tapi lewat hobi lah mereka mencoba mengharumkan negeri ini. Pada akhirnya, jadilah inspirasi lewat apapun yang kamu suka lakukan untuk mengharumkan negeri ini, karena sesungguhnya negeri ini bukan sekadar membutuhkan pahlawan yang berjuang menumpahkan darahnya, namun juga membutuhkan pahlawan moral yang membawa Indonesia ke langit kepercayaan diri tertinggi.

- M. Ridlo Akbar -

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini