Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, October 22, 2018

Pemuda, Aset dan Harapan Bangsa


Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi. Berbicara mengenai pertumbuhan penduduk, pertumbuhan penduduk di Indonesia didominasi oleh usia produktif atau usia muda, yang berarti didominasi oleh pemuda. Perkembangan suatu bangsa atau negara pada hakekatnya tidak terlepas dari campur tangan para pemuda.
Dalam sejarah bangsa Indonesia, pemuda memiliki peran yang sangat besar bagi kemerdekaan negara Indonesia. Tonggak sejarah pemuda di Indonesia ditandai dengan momentum penting yaitu Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda, pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan simbol utama persatuan seluruh pemuda di Indonesia yang ditandai dengan bersumpahnya pemuda Indonesia. Bertanah satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu merupakan butir yang tercantum dalam Sumpah Pemuda yang ditulis oleh Moehammad Yamin.
Dalam mewujudkan tiap butir yang tercantum dalam Sumpah Pemuda, peran pemuda sangat diperlukan. Pemuda merupakan aset bangsa, karena pemuda lah yang menjadi harapan bangsa untuk menjadi tongkat penggerak negara baik di masa kini maupun di masa depan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, pemuda tidak bisa diam saja menunggu, namun pemuda harus menunjukkan perannya. Banyak peran yang bisa dilakukan oleh para pemuda dalam upaya menjadi penggerak bangsanya, seperti halnya pemuda harus berjuang demi kemajuan bangsanya, langkah mudah yang dapat diambil dalam memperjuangkan kemajuan bangsanya ialah dengan menyadari betapa pentingnya pendidikan. Karena sejatinya, pendidikan merupakan kunci terbesar suatu negara.
Maka dari itu, wahai kau pemuda, aset dan harapan bangsa, berjuanglah dan bergeraklah untuk bangsamu!

- Syafira Fikriyyah Hakim -

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini