Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Friday, June 1, 2018

Selamat Hari Lahir Pancasila


Bangsa Indonesia memiliki 4 pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu PANCASILA, UUD 1945, NEGARA KESATUAN RI, dan BHINEKA TUNGGAL  IKA. Keempat pilar tersebut adalah pondasi bagi bangsa Indonesia dalam membentuk NKRI. PANCASILA sebagai dasar Negara merupakan cita Negara sekaligus cita Hukum bagi NKRI.

Segala peraturan perundang-undangan yang berlaku di NKRI di pedomi oleh PANCASILA. Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan") pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK tersebut.

Pada 73 tahun lalu, tepatnya 1 Juni 1945, di dalam salah satu ruangan gedung yang kini dikenal sebagai Gedung Pancasila, Sukarno berpidato menawarkan gagasan mengenai dasar negara Indonesia merdeka. Di hadapan sekitar 65 anggota siding Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) Indonesia saat itu, untuk kali pertama Sukarno menawarkan istilah Pancasila sebagai dasar negara.

Pancasila yang disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 merupakan dasar filsafat Negara Republik Indonesia.

BEM Prodi Akuntansi FE UNJ mengucapkan:
Selamat Hari Lahir Pancasila!

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini