Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Saturday, March 31, 2018

Memperingati Hari Bank Dunia 2018



Bank Dunia merupakan sebuah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal.

Bank Dunia didirkan pada 27 Desember 1945 setelah ratifikasi internasional mengenai perjanjian yang dicapai pada konferensi yang berlangsung pada 1 Juli – 22 Juli 1944 di kota Bretton Woods . Markas Bank Dunia berada di Washington, DC , Amerika Serikat. Secara teknis dan struktural Bank Dunia termasuk salah satu dari badan PBB , namun secara operasional sangat berbeda dari badan-badan PBB lainnya.
Tujuan resmi Bank Dunia adalah pengurangan kemiskinan. Menurut Articles of Agreement Bank Dunia (sebagaimana telah diubah, efektif sejak 16 Februari 1989) seluruh keputusannya harus diarahkan oleh sebuah komitmen untuk mempromosikan investasi luar negeri, perdagangan internasional, dan memfasilitasi investasi modal.

Bank Dunia telah banyak memberikan peranannya bagi situasi dan kondisi perekonomian Indonesia. Bank Dunia mulai berperan sebagai lembaga pemberi pinjaman bagi Indonesia pada saat awal masa pemerintahan Presiden Soeharto, yaitu sekitar tahun 1968. Peranan bank dunia ini terlihat dari kinerjanya dalam menjalankan tugas di Indonesia. Beberapa hal yang menjadi tugas bank dunia untuk Indonesia pada saat itu antara lain yaitu memimpin Forum CGI. Aggota CGI (Consultative Group meeting on Indonesia) adalah 33 negara dan lembaga-lembaga donor yang dikoordinasikan oleh Bank Dunia. CGI  membantu pembangunan di Indonesia dengan cara memberikan pinjaman uang serta bantuan teknik untuk menciptakan aturan-aturan pasar dan aktivitas ekonomi liberal. Dalam hal ini, Bank Dunia bertugas menciptakan pasar yang kuat bagi kepentingan negara-negara dan lembaga donor.

Indonesia mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang kuat pada tahun 2017 dengan prospek yang terus positif, menurut laporan Indonesia Economic Quarterly Bank Dunia edisi Maret 2018.
Berkat upaya menjaga stabilitas politik, Indonesia adalah salah satu negara demokrasi di Asia Pasifik yang paling dinamis dan hadir sebagai negara berpenghasilan menengah yang percaya diri.

Keluarga Besar BEM Prodi Akuntansi FE UNJ Mengucapkan:
Selamat Hari Bank Dunia 2018!

Sumber:
http://www.worldbank.org/in/country/indonesia
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bank_Dunia

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini