Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, September 5, 2017

Semangat Kemerdekaan

Bulan Agustus merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, terutama pada tanggal 17 Agustus. Karena di tanggal ini bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya melalui Bung Karno dan Bung Hatta. Kemerdekaan yang sudah lama dinanti oleh rakyat Indonesia yang lelah akan penjajahan bangsa Belanda dan Jepang. Kemerdekaan ini didapat tidak dengan mudah, melainkan dengan perjuangan yang tidak terkira lamanya dan tidak terkira besarnya. 350 tahun Indonesia berjuang melawan penjajahan dari Kolonial Belanda serta 3,5 tahun melawan penjajahan dari Jepang. Semua rakyat Indonesia sangat bersemangat melawan penjajahan ini sampai akhirnya didapatkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, walaupun sempat diwarnai dengan perdebatan antara golongan tua dan golongan muda di masa itu.

Di momen-momen seperti ini kita seharusnya sebagai warga negara Indonesia yang cinta tanah air dapat mengaplikasikan semangat juang para pahlawan yang telah berjasa memerdekakan Indonesia. Bukan hanya pahlawan yang terlihat oleh mata namun juga semangat mereka yang telah gugur dalam perang untuk memperjuangkan bangsa Indonesia.

Semangat juang kemerdekaan ini tidak harus dilakukan dengan berperang seperti para pahlawan kita dulu melawan penjajah, namun dapat dilakukan dengan berprestasi, semangat untuk menuntut ilmu, semangat untuk membela kebenaran serta meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kita. Selain itu, mencintai dan menggunakan produk dalam negeri juga dapat menjadi cerminan semangat kemerdekaan. Dengan hal ini kita dapat melawan penjajahan ekonomi yang tanpa kita sadari selama ini.

"Kemerdekaan bukan hanya sebuah kebebasan tetapi sebuah kebahagiaan tak terkira untuk suatu negara"

Yeni Amelia

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini