Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, September 5, 2017

Merdeka Tanah Airku

Sudah 72 tahun bumi pertiwi ini merdeka, dahulu kala setelah berabad tahun negara tercintah kita ini di jajah tapi karna semangat bangsa tak pernah luntur yang akhirnya melahirkan kemerdekaan Indonesia salah satu penyebabnya adalah bergeloranya semangat juang pemuda pada zaman penjajahan dulu. Perlu kita contoh nilai yang sangat kita junjung tinggi pada saat dulu yaitu harus semangat serta berjuang untuk menjaga nama negara kesatuan republik Indonesia. Setelah di proklamasikan negara ini oleh presiden Soekarno saat 17 Agutus 1945 di Tugu Proklamasi itulah menjadi moment yang tak terlupakan. Hingga saat ini tanggal tersebut menjadi momentum untuk merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan ini dengan meriah, dan berbagai perayaan di berbagai daerah dilakukan dengan cara yang unik untuk menjadikan ciri khasnya masing-masing.
Di Indonesia terutama di Istana Negara selalu dilakukan pengibaran bendera sang saka merah putih dan pembacaan teks proklamasi. Sang saka merah putih pun mempunyai makna khusus yaitu Sang Dwiwarna ( Dua Warna ). Bender Indonesia memiliki arti merah sebagai keberanian raga manusia dan putih sebagai kesucian jiwa manusia. Keduanya mempunyai makna melengkapi dan menyempurnakan jiwa dan raga manusia dalam membangun indonesia.
Merdeka!!! Itulah kata yang masih melekat di benak kita sampai saat ini, Merdeka mempunyai makna kebebasan yaitu kebebasan dari penjajah.Tujuannya untuk menjadi bangsa yang dapat menguasai segala kehidupan negaranya sendiri tanpa ikut campur dari penjajah. Kini Indonesia merayakan 17 agustus dengan berbagai lomba yang meriah untuk membangkitkan jiwa dan raga manusia agar terus semangat dalam memperjuangkan serta meraih kemenangan. Berbagai lomba seperti makan kerupuk, balap karung, lomba lari masukin pensil ke botol dan lainnya yang biasanya ada acara puncak lombanya yaitu panjat pinang. Dapat kita ambil makna dari berbagai lomba itu untuk terus semangat dan terus berusaha mencapai tujuan yang ingin dicapainya, lomba itu terus dilakukan pada berbagai daerah di Indonesia. Ada hal unik seperti di Jakarta dan kediri setiap perayaan 17 agustus ada parade budaya untuk melestarikan budaya Indonesia pada generasi selanjutnya karna budaya itu penting agar tetap menjadi ciri khas dan tidak boleh terbenam karna sudah banyaknya budaya yang masuk pada saat ini di zaman era modern. Mempromosikan budaya merupakan hal terseru bagi saya, menjadi perwakilan saat SMA untuk mempromosikan budaya Jakarta di Istana Negara dalam organisasi Jakarnaval itu sangat membanggakan karna saat itu terlihat berbagai daerah dan negara pun yang menyaksikan parade budaya nusantara. Menanamkan rasa kepemilikan budaya itu penting agar kita mampu melestarikan trs budaya ini ke generasi yang akan datang.

Zaman terus berganti, masa lalu pun berbeda dengan masa kini, begitu juga masa yang akan datang. Tak bijaksana memang jika kita terus menyamakan hal lalu dengan masa kini. Walaupun terus berubah namun tak boleh juga kita menghilangkan corak atau ciri khas khusus Negara Kesatuan Republik Indonesia serta harus melewati arus terus dan tetap mempertahankan prinsip luhur dan nilai juang yang terus tertanam bagi masyarakat Indonesia.
SALAM JUANG UNTUK KITA SEMUA!!! MERDEKA !!!
Nadhilah Dwi Utari

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini