Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Tuesday, June 20, 2017

Dipersatukan Oleh Pancasila, Yang Menjadi Dasar Negara Indonesia



Indonesia dikenal masyarakat dunia sebagai negara yang memiliki persatuan dan kesatuan yang kokoh, hal ini tentunya karena ada beberapa hal yang mendasarinya yang merupakan alat pemersatu bangsa. Ada 5 alat yang dapat menjadi pemersatu bangsa Indonesia yaitu, Pancasila sebagai dasar negera Indonesia, Bendera Merah Putih sebagai bendera kebanggaan Indonesia, Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan Indonesia, Burung Garuda sebagai lambang Negara Indonesia, dan lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangasaan Indonesia.

Sudah disebutkan di atas bahwa salah satu alat pemersatu bangsa Indonesia adalah Pancasila yang dikenal sebagai dasar ideologi negara Indonesia. Pancasila merupakan ideologi yang dulu dibuat oleh bapak pejuang kita pada masa penjajahan. Pancasila merupakan pandangan hidup yang berakar dalam kepribadian setiap bangsa Indonesia, maka ia diterima sebagai dasar negara yang mengatur hidup ketatanegaraan.

Pancasila yang selalu menjadi pegangan bersama saat-saat terjadi krisis nasional dan ancaman terhadap eksistensi bangsa kita, merupakan bukti sejarah sebagai dasar kerohanian negara, dikehendaki oleh bangsa Indonesia karena sebenarnya ia telah tertanam dalam kalbunya rakyat. Oleh karena itu, ia juga merupakan dasar yang mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia. Pancasila yang dikukuhkan dalam sidang I dari BPPKI pada tanggal 1 Juni 1945 adalah dikandung maksud untuk dijadikan dasar bagi Negara Indonesia merdeka. Adapun dasar itu haruslah berupa suatu filsafat yang menyimpulkan kehidupan dan cita-cita bangsa dan Negara Indonesa yang merdeka.

Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa, merupakan pandangan hidup bangsa yang harus berasal dari nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi oleh seluruh lapisan masyarakat. Setiap masyarakat yang mendiami suatu daerah di Indonesia pastilah mempunyai ciri kebudayaan dan pandangan hidup masyarakat yang perlu dilindungi, dihormati, serta dimajukan oleh negara. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa secara keseluruhan merupakan intisari dari nilai-nilai budaya masyarakat yang majemuk. Pancasila memiliki ciri yang khas dalam kebudayaan masyarakat, oleh karena itu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia dan merupakan ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Pengaplikasian nilai-nilai Pancasila sebagai dasar falsafah negara adalah untuk menanamkan nilai-nilai Pancasilais dalam setiap diri bangsa untuk mencegah terjadinya konflik antar suku, agama, dan daerah serta menghindari adanya tindakan separatis untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada intinya adalah Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa dari perpecahan, konflik yang terjadi ditengah lapisan masyarakat, dengan jalan setiap masyarakat harus mampu menjiwai secara mendalam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Yohana Masiikah Putri Azmary

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini