Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, May 17, 2017

Selamat Hari Buku Nasional !



Sejarah Hari Buku Nasional 17 Mei – BEM Prodi Akuntansi FE UNJ mengucapkan Selamat Hari Buku Nasional 17 Mei 2016. Namun tahukah kkamusejarah hari buku nasional ini. Kenapa diperingati setiap tanggal 17 Mei ?

Ada Hari Buku Nasional, ada juga Hari Buku Internasional atau Hari Buku Sedunia, jika dalam bahasa inggrisnya World Book Day. World Book Day atau Hari Buku Sedunia di peringati setiap tanggal 23 April.

Untuk pertama kalinya Wordl Book Day di peringati pada tanggal 23 April 1995. Pencetusnya adalah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) atau disingkat UNESCO.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan minat membaca masyarakat dunia sera mempromosikan penerbitan dan hak cipta. Maka PBB melalui UNESCO menetapkan tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia (World Book Day).

Terus bagaimana dengan Sejarah Hari Buku Nasional ? berikut ulasannya

Sejarah Hari Buku Nasional 17 Mei


Hari Buku Nasional di peringati setiap tanggal 17 Mei, tanggal tersebut dipilih sebagai Hari Buku Nasional yang di ambil dari dari momentum peresmian Perpustakaan Nasional pada tahun 1980 silam.

Perpustakaan Nasional tersebut di resmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional RI pada masa itu, yaitu Bapak Abdul Malik Fajar pada tanggal 17 Mei 1980.

Tujuan dari ditetapkannya Hari Buku Nasional adalah untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca khusunya masyarakat Indonesia. Selain itu, dengan adanya Hari Buku Nasional ini di harapkan dapat melestarikan budaya membaca buku serta meningkatkan penjualan buku.

Seperti istilah yang sudah tak asing lagi, Buku Adalah Jendela Dunia, ya memang betul dengan banyak buku kita bisa menjelajah dunia, kita jadi banyak tahu.

Itulah Sejarah hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Mei, Selamat Hari Buku Nasional 2017, Ayok kita membaca buku !!!

Sumber : https://ketemulagi.com/sejarah-hari-buku-nasional-17-mei/

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini