Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, May 17, 2017

Halo, Ramadhan!



Ramadhan, bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah. Yap, Ramadhan bulan spesial, bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di dunia. Bagaimana tidak, dalam Bulan Ramadhan ini banyak berkah dan juga keistimewaan, bahkan ada yang menyebutkan bahwa Bulan Ramadhan adalah Bulan Seribu Bulan, lho. Tak terasa ya,kini tinggal menghitung hari menunggu kedatangannya. Banyak hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut datangnya bulan penuh berkah ini.

Adapun hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan bergembira. Bergembiralah menyambut Bulan Ramadhan, karena pada bulan tersebut amal shalih yang kita kerjakan akan mendapat pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT. Pada bulan ini pintu-pintu surga dibukakan, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.

Hal yang kedua yang harus kita lakukan yaitu berdoa. Berdoa kepada Allah agar kita dapat dipertemukan dengan bulan yang suci ini serta berdoa kepada Allah agar kita senantiasa berada dalam keadaan sehat walafiat sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan bersemangat.

Lalu, hal ketiga yang bisa kita lakukan adalah bertekad dan menyusun jadwal untuk melakukan kebaikan. Sangat disayangkan jika momentum bulan Ramadhan ini tidak diisi dengan agenda kebaikan karena amal shalih yang kita lakukan akan mendapat pahala yang berkali-kali lipat daripada bulan-bulan biasanya.

Hal terakhir yang bisa kita lakukan untuk menyambut Ramadhan adalah mempersiapkan jasmani dan rohani kita. Persiapkan fisik kita agar siap dan kuat menjalankan ibadah puasa, agar tetap bersemangat beraktivitas walaupun sedang dalam keadaan berpuasa. Persiapan rohani juga tidak kalah penting, hal ini bisa dilakukan dengan cara kita membaca buku atau artikel yang berkaitan dengan Bulan Ramadhan, entah tentang kewajiban apa saja yang harus dilakukan pada Bulan Ramadhan, hukum-hukum berpuasa, larangan pada Bulan Ramadhan, dan lain-lain.

Dengan begitu kita sudah membekali diri kita dengan ilmu untuk menyambut Bulan Ramadhan, sehingga jiwa kita siap untuk melaksanakan ibadah dan ketaatan di bulan penuh berkah ini dan insyaa Allah apa yang kita lakukan ini mendapat pahala kebaikan dari Allah SWT.

Audira Eri Viulina
(Potensi Kestari)

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini