Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, July 10, 2024

PRESS RELEASE National Accounting Competition (NAC) 2024

PRESS RELEASE 
National Accounting Competition (NAC) 2024 Departemen Edukasi 
BEM Prodi Akuntansi FE UNJ 2024


        National Accounting Competition (NAC) 2024 diselenggarakan dengan tema “Challenge Yourself, Find the Balance, and Become a Young Professional Accountant”. BEM Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta bersama Program Studi Pendidikan Akuntansi menyelenggarakan kompetisi akuntansi yang bertujuan untuk menarik minat para siswa SMA/SMK/MA dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka di bidang akuntansi. Kompetisi ini juga diharapkan mampu menjadi sarana untuk menghasilkan calon akuntan profesional dan kompetitif yang akan dibutuhkan di dunia kerja. Pendaftaran peserta dilakukan dari Sabtu, 01 Juni s.d Rabu, 26 Juni 2024. National Accounting Competition (NAC) 2024 dilaksanakan secara online dengan diikuti oleh 111 tim dari 77 sekolah SMA/SMK/MA yang tersebar dalam 13 Provinsi di Indonesia. Acara ini dibagi menjadi 2 babak, yaitu Elimination Round terdiri atas dua tahapan, yaitu tahap Pick the Right Choice dan tahap Bonus Point Match. Kemudian dilanjutkan Final Round terdiri atas dua tahapan, yaitu tahap Lucky Pocket dan tahap Quickfire Battle. Acara National Accounting Competition (NAC) 2024 dimulai dari babak pertama yang dilaksanakan pada Minggu, 30 Juni 2024 pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh MC, yaitu Annida Rizqia Dwi Utami dan Stefianingrum. Dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya. Agenda selanjutnya yaitu sambutan oleh Ketua Pelaksana NAC 2024 yaitu Abdan Faqih Izzudin, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua BEM Prodi Akuntansi periode 2024 yaitu Antonius Gunawan Dunianto dan Sambutan Perwakilan Dosen Akuntansi FE UNJ yaitu BapakSurya Anugrah, S.E., M.Ak. Setelah itu, dilanjutkan dokumentasi dan sosialisasi peraturan umum dan teknis lomba Elimination Round oleh Vanesa Amalia Duati selaku perwakilan Sie. Acara dan Lulu Novita Sari selaku perwakilan Sie. Soal dan Penilaian. Kemudian, pukul 09.27 WIB soal tahap Pick the Right Choice dibagikan oleh perwakilan Sie. Humas melalui kolom Chat Zoom Meetings dan peserta langsung mengerjakan soal selama 60 menit. Setelah waktu pengerjaan habis, soal dikumpulkan melalui media Google Form. Kemudian, pukul 10.56 WIB dilanjutkan tahap Bonus Point Match menggunakan media Quizizz dengan kode soal ditampilkan pada Zoom Meetings dan peserta langsung mengerjakan soal selama 10 menit. Lalu, acara dilanjutkan dengan penutupan oleh MC untuk Elimination Round. Pengumuman tim peserta yang lolos ke Final Round dilakukan melalui WhatsApp Group pada Kamis, 04 Juli 2024. 

      Tahap Final Round dilaksanakan pada Sabtu, 06 Juli 2024. Acara dibuka oleh MC pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya. Agenda selanjutnya adalah sambutan dari Abdan Faqih Izzudin selaku Ketua Pelaksana National Accounting Competition (NAC) 2024, sambutan dari Antonius Gunawan Dunianto selaku ketua BEM Prodi Akuntansi periode 2024, dan sambutan oleh Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FE UNJ. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan sosialisasi peraturan umum dan teknis lomba Final Round oleh Stefianingrum selaku perwakilan Sie. Acara dan Alya Mahadevi Zahrani selaku perwakilan Sie. Soal dan Penilaian. Agenda selanjutnya adalah pembacaan CV juri tahap Lucky Pocket yaitu Bapak Arif Swandaru, S.E, CRMP., dan Bapak RM Canda Hadipta Janapriya, S.E., Ak., CPA. Tahap Lucky Pocket dipandu oleh Nadia Syayyidah selaku moderator. Pada pukul 09.39 WIB tahap Lucky Pocket dimulai, satu per satu tim memilih icon yang diinginkan, kemudian Nadia Syayyidah selaku moderator membacakan soal yang ada dibalik icon. Setelah tahap Lucky Pocket selesai, dilanjutkan dengan istirahat selama 81 menit. Setelah istirahat, pada pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan pembacaan CV juri tahap Quickfire Battle yaitu Ibu Hafifah Nasution, S.E., M.S.Ak oleh Farhan Muhammad Rifki selaku moderator. Kemudian pada pukul 13.05 WIB tahap Quickfire Battle dimulai, satu per satu soal dibacakan oleh Farhan Muhammad Rifki selaku moderator, setelahnya tim yang berhasil menjawab diperbolehkan untuk meletakkan “S” atau “O” di kotak yang diinginkan. 

      Setelah tahap Quickfire Battle selesai, juri diberikan E-Certificate, yakni Bapak Arif Swandaru, S.E, CRMP., RM Canda Hadipta Janapriya, S.E., Ak., CPA., serta Ibu Hafifah Nasution, S.E., M.S.Ak selaku juri pada tahap Final Round NAC 2024. Selanjutnya pengumuman pemenang Juara 3 diraih oleh Tim 77 (SMK Unggul Sakti), Juara 2 diraih oleh Tim 106 (SMK Pelita IV), dan Juara 1 diraih oleh Tim 1 (SMK Unggul Sakti). Acara terakhir yaitu penutupan oleh MC.








No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini