Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, August 16, 2021

Dirgahayu Republik Indonesia

Dirgahayu Republik Indonesia



Hari ini, 17 Agustus 2021 masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke memperingati Hari Ulang Tahun Republik ke – 76 tahun, Republik Indonesia Pada 17 Agustus 1945, Soekarno dan Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari jajahan pemerintah kolonial Belanda. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan pada hari Jumat pada tanggal 17 Agustus 1945 yang dibacakan langsung oleh Bapak Proklamator Indonesia atau Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Moh. Hatta bertempat di sebuah rumah kecil tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.


Terdapat makna yang besar bagi semua warga Indonesia dari Kemerdekaan Indonesia ini, karena kemerdekaan yang kita raih itu memiliki sejarah yang cukup panjang, yang banyak menguras korban jiwa serta harta benda yang telah dilakukan oleh para pahlawan kita.  Ada pengorbanan besar bangsa Indonesia untuk terbebas dari penjajahan. Pada 6 Agustus 1945, Kota Hiroshima, Jepang, luluh lantak akibat bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat. Kota Nagasaki, Jepang, menjadi sasaran bom selanjutnya pada 9 Agustus 1945.  Kedua bom itu mengakibatkan ratusan ribu orang meninggal dunia. Dua peristiwa tersebut memaksa Jepang untuk menyerah kepada sekutu, sekaligus menandai berakhirnya Perang Dunia II. Setelah mendengar  hal itu, golongan muda Indonesia mendesak Soekarta dan Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, golongan pemuda menculik Soekarno dan Muhammad Hatta ke Rengasdengklok, Karawang pada 16 Agustus 1945 dini hari.


Pada peristiwa itu, disepakati proklamasi kemerdekaan diumumkan pada Jumat, 17 Agutus 1945. Usai kesepakatan tersebut, Bung Karno dan Bung Hatta dibawa kembali ke Jakarta dan tiba pada pukul 02.00 WIB dini hari, delapan jam sebelum proklamasi. Setibanya di Jakarta, mereka singgah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. Di rumah Laksamana Maeda itulah, mereka bertiga merumuskan teks proklamasi. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno, dimana isi teks proklamasi itu berbunyi:

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. 

Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, 17 Agustus 1945

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.

Sebagai warga negara Indonesia, Kemerdekaan Indonesia yang telah diraih harus kita pertahankan dengan baik, walaupun tahun ini sedang ada pandemi Covid-19 tidak menutup harapan kita untuk tetap merayakan HUT RI. Indonesia Tangguh, Indonesia Bangkit!

Source :

https://amp.kompas.com/tren/read/2021/08/10/181700665/sejarah-proklamasi-17-agustus-1945

https://www.google.co.id/amp/s/www.akseleran.co.id/blog/17-agustus/amp/

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini