Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, July 21, 2021

Face your fears to develop your abilities.

 Face your fears to develop your abilities.

Pengembangan diri adalah ketika kita berani mengambil langkah untuk memperbaiki diri, seperti mempelajari keterampilan baru dan mengembangkan kemampuan pribadi kita.

Saat ini, masih banyak yang ragu mengambil langkah untuk mengembangkan kemampuannya sendiri. Padahal, ada banyak peluang dan potensi yang bisa dilakukan untuk mengembangkannya.

Saya ingin berbagi pengalaman saya. Dulu saya adalah orang yang tidak percaya diri. Padahal, banyak sekali yang ingin mencoba sesuatu yang baru dan menarik untuk saya lakukan. Tetapi, karena saya kurang percaya diri dan malu jika orang lain mengomentari saya, hal itu akan mengakibatkan saya tidak berani mengembangkan kemampuan saya dalam kegiatan yang ingin saya lakukan.

Berbagai kegiatan sudah saya coba, mulai OSIS, paskibra, seni tari dan lain-lain. Tapi itu selalu tidak berjalan baik karena perkataan d ari teman dan orang lain mengatakan saya tidak baik, sok pintar, sok rajin, dan sebagainya. Itu membuat saya bertanya-tanya apakah salah jika saya ingin mencoba sesuatu yang baru untuk lebih mengembangkan kemampuan saya, atau apakah yang mereka katakan benar bahwa saya benar-benar tidak bisa?

Hingga akhirnya, saya mulai kurang percaya diri untuk kembali berorganisasi lagi, hingga saya lulus sekolah. Namun, setelah saya diberi kesempatan untuk kuliah di Universitas Negeri Jakarta, dan bergabung dengan BEMP Akuntansi FE UNJ 2021, saya mulai belajar banyak hal baru, karena itu merupakan kesempatan bagi saya untuk mengembangkan kemampuan saya

Untuk itu, dari apa yang saya pelajari, sangat penting bagi kita untuk mengembangkan diri dan kemampuan kita. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan:

1. Kembangkan diri kita dengan mempelajari sesuatu yang baru,

kegiatan pengembangan diri yang dapat kita gunakan untuk mempelajari keterampilan baru.

2. Bantulah diri Anda sendiri dengan memperbaiki kebiasaan Anda.

Sangat penting untuk memotivasi diri sendiri untuk memperbaiki diri melalui kebiasaan Anda.

3. Tingkatkan diri kita dengan meningkatkan fokus kita

Fokus adalah keterampilan yang memungkinkan kita mengarahkan perhatian kita ke tempat-tempat yang benar-benar kita inginkan, tanpa terganggu oleh emosi yang tidak nyaman, rangsangan eksternal, atau kebiasaan buruk. Hasil, meningkatkan fokus kita adalah aspek penting dari perbaikan diri.


-Yustina Ribka Manggaprouw


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini