Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Friday, June 18, 2021

CAMABA JALUR SPU ?

 CAMABA JALUR SPU ?

 

Mendapat pendidikan berkualitas merupakan mimpi dari semua anak maupun orang tua. Menjadi mahasiswa di perguruan tinggi merupakan dambaan bagi banyak orang. Banyak sekali benefit yang dapat kita ambil selagi menjadi mahasiswa seperti sistem pembelajaran dari universtas yang kita ambil , organisasi kemahasiswaan dan fasilitas penunjang mahasiswa sebagai sarana untuk pengembangan mahasiswa itu sendiri. Namun apakah kalan tahu bahwa faktanya hanya sebanyak 8,5% penduduk Indonesia yang tamat kuliah menurut hasil sensus penduduk 2020. Rendahnya angka terkait minat masuk perguruan tinggi di Indonesia menandakan bahwa pendidikan di negeri ini belum maju. Banyak faktor yang membuat masyarakat enggan mencicipi pengalaman di bangku kuliah, salah satunya yaitu mahalnya pendidikan tinggi di Indonesia. Rincian biaya kuliah yang kalian perlu ketahui yaitu UKT/BOP, uang pangkal/SPU, biaya tambahan lainnya.

Kali ini saya hanya ingin membahas lebih lanjut perihal SPU. SPU/uang pangkal merupakan sumbangan sukarela yang dikeluarkan oleh mahasiswa jalur mandiri dengan besaran yang ditentukan oleh pihak universitas. Besaran biaya SPU dari setiap unversitas beragam, contohnya Universita Negeri Jakarta menetapkan besaran SPU mulai dari Rp 0. Namun banyak dari kita yang salah kaprah dengan SPU ini, beranggapan bahwa besaran SPU yang dibayar menentukan keberhasilan mahasiswa diseleksi penerimaan mahasiswa baru. Hal in tentu saja tidak benar, hasil seleksi merupakan 100% faktor dari kemampuan mahasiswa tersebut dalam menghadapi ujian.

Kualitas dari setiap calon mahasiswa yang terpenting dalam menentukan apakah layak diterima atau tidak. Jangan takut untuk memilih SPU Rp 0, seseorang tidak akan memlki visi, misi dan kultur yang berkualitas , apabila dia sendiri tidak memiliki pengetahuan dan pendidikan yang berkualitas. Hanya seseorang yang berdasarkan pengetahuan yang baiklah akan memunculkan visi misi dan kultur yang baik untuk merah hidup berkualitas.


-YORESZHA MUSTAB-


No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini