Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Wednesday, April 21, 2021

Arti dari Feminisme yang Sebenarnya

Arti dari Feminisme yang Sebenarnya

Pengertian Feminisme : Sejarah, Ciri, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan  Fenimisme – Pelajaran Sekolah Online

Banyak orang awam di luar sana salah mengartikan feminisme ini. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa feminisme merupakan sesuatu yang ekstrim, dimana para kaum wanita membenci kaum pria, bahkan bisa anti terhadap pria. Namun, arti dari feminisme sendiri menurut KBBI merupakan gerakan wanita yang menuntut persamaan hak sepenuhnya antara kaum wanita dan pria. 

Awalnya feminisme ini merupakan suatu gerakan yang digagas oleh beberapa kaum perempuan di negara Barat untuk menyuarakan persamaan hak bagi kaum perempuan, seperti hak untuk memilih dan terbebas dari perbudakan yang ada. Gerakan tersebut mulai menjalar ke berbagai negara di Asia dan Afrika. 

Kaum feminis juga meminta hak mereka dalam bidang politik, sosial, dan ekonomi. Jika kaum pria diperbolehkan untuk mengejar karir mereka tanpa harus khawatir dengan keluarga, maka kaum perempuan pun mempunyai hak yang sama untuk mengejar karir mereka, tanpa harus merasa khawatir. 

Di Indonesia sendiri, gerakan feminisme ini menimbulkan kontroversi. Walaupun sudah banyak masyarakat yang mengerti arti dari feminisme, namun masih banyak kasus yang terjadi berkaitan dengan feminisme, seperti kekerasan seksual pada perempuan, kekerasan dalam rumah tangga, dan lainnya. 

Kaum perempuan juga memiliki hak yang sama dengan kaum pria. Jika dahulu kaum perempuan hanya bisa berada di rumah saja, mengurus rumah tangga, tidak mempunyai hak untuk memilih dan mengeluarkan pendapat mereka dimuka umum, sekarang kaum perempuan juga memiliki hak yang setara atau sama dengan kaum pria. Walaupun kenyataannya kaum perempuan dan pria memang berbeda, namun hal tersebut bukanlah suatu hal yang harus diperdebatkan, siapa yang paling hebat dan siapa yang harus dihargai, karena pada hakekatnya perempuan dan pria merupakan manusia yang memang sudah selayaknya dan sepatutnya diperlakukan layaknya manusia pada umumnya.

-Febe Dwi Sutanti

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini