Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Monday, October 28, 2019

MEMPERINGATI 91 THN SUMPAH PEMUDA


Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda yang menjadi salah satu tonggak utama dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Tahun ini Bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-91

Sumpah pemuda merupakan hasil keputusan kongres pemuda kedua yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia, Jakarta. Isi dari keputusan ini adalah para pemuda berikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia.

Pada tanggal itu setiap tahunnya diperingati oleh seluruh penjuru nusantara sebagai hari Sumpah Pemuda dan juga memperingati jasa para pemuda Indonesia yang telah berjuang bagi kemerdekaan Indonesia.


Awalnya, pada Kongres I, bangsa Indonesia dahulu masih bersifat kedaerahan atau kesukuan. Lalu, dilakukan pertemuan perwakilan antar daerah yang kedua pada Kongres II, pertemuan ini membuahkan hasil dan akhirnya tercetuskanlah Sumpah Pemuda itu. Dari sinilah, benih-benih persatuan antar pemuda Indonesia tumbuh.

Persatuan antar pemuda indonesia ini masih dibutuhkan bahkan setelah 91 tahun diikrarkan. Bangsa Indonesia masih membutuhkan semangat perjuangan para pemuda untuk menghadapi berbagai macam persoalan bangsa seperti pengangguran, kemiskinan dan banyak perpecahan antar kelompok. Peranan pemuda sangat penting untuk dapat kembali menyatukan dan memberantas semua persoalan tersebut. Maka, sambut salam hangat saya dengan keras kumandangkan ikrar. Sumpah pemuda :

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini