Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Thursday, June 21, 2018

Selamat Hari Ulang Tahun Kota Jakarta


Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan J-Town, atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.

Pada usia yang ke-491 ini Jakarta sebetulnya sudah dikenal sejak  tahun 397 yang dikenal dengan sebutan Sunda Kelapa, pertama kali dikenal sebagai salah satu pelabuhan Kerajaan Sunda yang bernama Sunda Kalapa, berlokasi di muara Sungai Ciliwung. Selanjutnya awal mula berdirinya Jakarta yaitu pada tahun 1527 yang berganti nama dari Sunda Kelapa menjadi Jayakarta, Jayakarta berasal dari dua kata Sansekerta yaitu Jaya yang berarti "kemenangan" dan Karta yang berarti "dicapai". Belanda datang ke Jayakarta sekitar akhir abad ke-16, setelah singgah di Banten pada tahun 1596. Jayakarta pada awal abad ke-17 diperintah oleh Pangeran Jayakarta, salah seorang kerabat Kesultanan Banten. Pada 1619, VOC dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen menduduki Jayakarta setelah mengalahkan pasukan Kesultanan Banten dan kemudian mengubah nama Jayakarta menjadi Batavia. Pendudukan oleh Jepang dimulai pada tahun 1942 dan mengganti nama Batavia menjadi Djakarta untuk menarik hati penduduk pada Perang Dunia II. Djakarta lebih sering disebut Jakarta hingga saat ini yang merupakan Daerah Khusus Ibukota di Indonesia.

Untuk Jakarta yang ke-491 tahun ini tentunya semua masyarakat khususnya  yang berada di Jakarta menginginkan kota Jakarta sekarang bisa menjadi kota yang lebih baik lagi terbebas dari padat akan macetnya lalu lintas ibukota.

Kami segenap keluarga besar BEM Prodi Akuntansi FE UNJ mengucapkan :
Selamat Hari Ulang Tahun Kota Jakarta Ke-491

src : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini