Situs resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta


Thursday, April 27, 2017

Minggu Depan Essaynya dikumpul ya



Well guys, mungkin kalimat ini sering sekali kamu dengar ketika di kelas. Tanggapan kamu apa nih guys, ketika mendengar kalimat diatas? Sepertinya lebih banyak yang berfikir keras yah, setelah mendengarnya dan mencoba untuk membangkitkan semangat menulis dan menghadang semua kemalasan yang menghantui, hihi.

Yup, menulis agaknya hal yang sulit dilakukan para milenial nih. Pasalnya, milenial lebih sering berhadapan dengan layar smartphone dan bercengkrama di sosial media. Beda banget sama para pendahulunya yang sangat akrab dengan kertas dan tinta. Para milenial kini lebih menghabiskan waktunya untuk mengobrol di ruang obrolan dengan cara mengetik. Sebenarnya, ini adalah bagian dari menulis, tapi yang ditulis, biasanya bukan tulisan yang memberi arti bagi orang banyak. Hanya obrolan santai nan mengasyikkan dan kurang menginspirasi bagi orang lain. Tidak ada yang salah sih, tapi sebenarnya, buat kamu para milenial, tidak ada salahnya loh, kamu mencoba untuk mencoba menulis. Because, banyak banget keuntungan yang kamu dapatkan jika kamu mahir menulis.

Menulis yang dimaksud disini, menulis secara umum yaaa. Bukan hanya menulis ide-ide kalian berupa sebuah karya sastra bernilai tinggi. Sesederhana merangkum buku yang telah kamu baca, itu juga termasuk menulis dan memiliki banyak manfaat loh.

Buat kamu anak kuliahan, menulis bisa bikin kamu ga kaku lagi ketika skripsi menyapa loh. Faktanya, banyak kakak tingkat kalian yang kaget dengan banyaknya hal yang harus mereka tulis di tugas akhir mereka itu. Juga, dalam skripsi, tidak boleh asal salin-tempel. Jadi, bagi yang sudah biasa menulis, akan lebih santai dan bisa lebih cepat dalam mengerjakannya.

Diluar itu, akan banyak manfaat yang kalian dapatkan ketika kalian mahir menulis. Dapat menginspirasi banyak orang adalah salah satunya. Dengan kerennya tulisan yang kalian buat, juga muatannya yang berkualitas, bisa bikin banyak orang menjadi lebih baik. And it means, you’ll be their inspiration ^^ so exciting!

Bonus nih, buat kalian para pembaca tulisan ini yang mau mencoba untuk menulis. Salah satu mahasiswa Akuntansi yang aktif menulis, Akbar Evandio memberitahu cara mudah untuk menulis. Kuy dibaca dan dipraktekkan:

  1. Angkat sebuah hal yang menjadi masalah yang kalian liat, karena ketika ada sebuah masalah akan tercipta sebuah cerita.

  2. Buat Main topic dan kerangka tulisan

  3. Pilih, alasan, sebab, solusidari tulisan yang hendak dibuat

  4. Buat judulyang merefleksikan tulisan kita untuk dipahami pembaca, bukan hanya yang menarik pembaca. Karena judul yang menarik saja bisa menimbulkan hoax.


 

Alifia Shalihah

( Cahaya Edukasi )

No comments:

Post a Comment

Kamu punya kritik dan saran? Silahkan melalui kolom komentar di bawah ini